Pinjaman Jaminan BPKB Mobil



Syarat-syarat dan Tips Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil


Untuk merealisasikan sebuah bisnis kadang kita harus berani berspekulasi. Dengan kata lain dibutuhkan aksi nyata untuk membangun bisnis yang kita inginkan dengan modal yang cukup. Meskipun kadang terbentur masalah pendanaan, cara apapun wajib kita tempuh, bahkan dengan mengajukan pinjaman jaminan BPKB mobil sekalipun. Terlepas dari resiko yang mungkin muncul dikemudian hari, berbekal niat yang kuat dan modal yang ada niscaya bisnis yang kita bangun akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Sebenarnya pinjaman jaminan BPK mobil bukan hanya solusi untuk modal bisnis, namun untuk semua masalah yang membutuhkan solusi dana secara cepat. Misalnya untuk kebutuhan mendadak seperti biaya rumah sakit, biaya sekolah, dll. Intinya pengajuan pinjaman dana dengan jaminan BPKB prosesnya jauh lebih mudah dibanding pengajuan kredit dengan jaminan barang atau surat-surat penting lainnya.

Syarat-syarat Pengajuan Pinjaman

Ada beberapa persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh pemohon saat mengajukan permohonan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau kendaraan bermotor lainnya. Meskipun secara garis besar sama, namun terkait prosedur peminjaman antara satu tempat dan tempat lain kadang menerapkan persyaratan berbeda.

Adapun syarat-syarat umum yang wajib dipenuhi jika mengajukan pinjaman dana jaminan BPKB mobil diantaranya:

-          - Sudah berkeluarga atau berusia 21 s/d 60 tahun
-          - Foto copy KTP / SIM / Paspor, atau identitas diri lainnya
-          - Foto copy Kartu Keluarga
-          - Foto copy Surat Nikah atau Surat Cerai
-          - Rekening listrik (6 bulan terakhir)
-          - Foto copy STNK
-          - BPKB asli

Khusus untuk pegawai atau karyawan (baik negeri maupun swasta) selain memenuhi persyaratan diatas, wajib menyertakan keterangan penghasilan (slip gaji) serta foto copy buku tabungan selama 6 bulan terakhir. Jika diperlukan, biasanya pemohon juga diminta menyertakan rekening Koran selama 3  bulan terakhir.

Sedangkan khusus untuk wiraswasta, perusahaan, serta kalangan profesional lainnya, selain memenuhi persyaratan diatas juga wajib menyertakan Surat Izin Usaha, NPWP, TDP, serta SPT tahunan. Jika diperlukan biasanya pemohon juga diminta menyertakan foto copy buku tabungan 6 bulan terakhir atau rekening Koran 3 bulan terakhir. 

Tips Pengajuan Pinjaman

Pengajuan kredit atau pinjaman jaminan BPKB mobil adalah solusi tepat untuk kebutuhan dana cepat. Selain proses pencairan dana yang cepat, proses pengajuan bisa dilakukan maksimal 1-3 hari, sudah termasuk pengecekan dan validasi BPKB. Dalam hal ini keuntungannya kita bisa segera menggunakan dana yang sudah kita terima untuk kebutuhan mendesak.

Sebelum mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, motor, atau kendaraan lainnya ada beberapa tips yang perlu kita pertimbangkan.

- Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait latar belakang Bank, BPR, atau perusahaan pemberi pinjaman. Carilah informasi secara online atau langsung datang ke alamat kantor untuk kemudian menanyakan prosedur dan persyaratan pengajuan pinjaman.

- Pastikan pemberi pinjaman adalah Bank, BPR, atau perusahaan yang memiliki track record bagus, profesional, dan sudah memiliki jam terbang atau pengalaman dalam melayani nasabah.

- Hindari campur tangan calo atau oknum-oknum lain dengan alasan apapun, termasuk ketika mereka menawarkan jasa mengambil atau menjemput dokumen untuk mempermudah proses pengajuan pinjaman.

- Teliti dengan cermat setiap proses penghitungan dan pembiayaan. Pastikan semua terperinci dan transparan.

Tanyakan besaran angsuran yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pada angsuran tiap bulannya.

- Hindari melakukan transfer dari rekening pribadi. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan angsuran yang ditransfer tidak diakui oleh pihak yang bersangkutan. Sebaliknya, lebih baik datang langsung untuk membayar angsuran serta meminta bukti pembayaran angsuran.

Demikian syarat-syarat pengajuan pinjaman jaminan BPKB mobil dan semua jenis kendaraan bermotor lainnya.      

    




Artikel Terkait

Previous
Next Post »