Pinjaman Uang Cepat


Tempat Paling Tepat Mencari Pinjaman Uang Cepat


Meningkatnya biaya hidup dibarengi dengan harga-harga kebutuhan pokok yang meroket kadang membuat kita yang berada di level ekonomi pas-pasan menjadi kalang kabut. Belum lagi kebutuhan mendadak yang sifatnya tidak terduga kadang memaksa kita mencari solusi paling efektif, misalnya mengajukan pinjaman uang cepat pada bank, BPR, koperasi, atau lain-lainnya. Meminjam uang secara cepat memang tidak ada salahnya, apalagi jika dihadapkan pada kebutuhan yang mendesak. Namun untuk itu ada konsekuensi yang wajib kita penuhi terkait dana yag kita pinjam tersebut.

Konsekuensi yang berkaitan dengan pinjaman uang cepat yang harus kita penuhi biasanya membayar cicilan beserta bunga sesuai kesepakatan, hingga membayar denda apabila telat membayar cicilan. Semakin banyak orang yang ingin meminjam uang dengan proses cepat, maka semakin banyak pula tempat-tempat peminjaman uang yang bisa dipilih. Diantaranya beberapa tempat berikut ini.

1.      - PEGADAIAN

Secara umum orang lebih memilih pegadaian sebagai tempat pinjaman uang cepat dibanding tempat lain. Bahkan konon sebelum bank menjadi tempat umum meminjam uang, pegadaian sudah terlebih dulu dipercaya sebagai solusi paling cepat dalam hal pinjam meminjam uang. Namun besarnya uang yang bisa kita pinjam dari pegadaian kadang tidak sesuai dengan harapan kita, sebab pihak pegadaian akan melihat dulu nilai dari barang yang kita gadaikan (barang jaminan).

Contohnya, jika kita meminjam uang dengan jaminan handphone, maka pihak pegadaian akan memeriksa kondisi handphone meliputi harga second dipasaran, kondisi fisik, serta performa handphone yang kita bawa kesana. Misalnya jika kita mengajukan pinjaman 3 juta rupiah, dan jika pihak pegadaian menyanggupi maka kita akan menerima uang sebanyak yang kita ajukan.
Dalam hal ini pihak pegadaian telah memperhitungkan nilai jual kembali handphone tersebut apabila ada kemungkinan kita tidak bisa mengembalikan uang yang kita pinjam. Waktu pengembalian uang di pegadaian sifatnya fleksibel. Artinya bisa dilakukan dengan cara mencicil atau bisa juga dibayar secara langsung dengan tenggang waktu sesuai kesepakatan.

2.      - BANK

Selain pegadaian bank menjadi tempat umum bagi kita yang ingin mendapatkan pinjaman uang cepat. Bahkan bank mampu memberi pinjaman dana sangat besar hingga mencapai ratusan juta rupiah. Namun pengajuan pinjaman ke bank biasanya membutuhkan proses pencarian yang lama. Dalam hal ini pihak bank cenderung berhati-hati dalam menilai nasabah terutama apakah layak diberikan pinjaman sesuai yang diajukan. Artinya meskipun pihak pemohon sudah memenuhi semua persyaratan, namun tidak serta merta pihak bank langsung mencairkan pinjaman dana yang kita kehendaki.

Umumnya bank membutuhkan waktu untuk mengecek latar belakang nasabah, termasuk apakah sudah pernah melakukan pengajuan pinjaman dana di bank yang sama atau di bank lain. Pihak bank juga akan mengecek kemungkinan apakah calon peminjam mampu melakukan pembayaran atau cicilan tepat waktu (jika pernah melakukan pinjaman sebelumnya).

3.      - ONLINE

Lembaga peminjaman uang cepat secara online kini mulai dilirik oleh banyak orang, terutama mereka yang ingin meminjam uang tapi tidak ingin diketahui orang lain. Cara meminjam uang secara online ini terbilang unik dan prosesnya jauh lebih mudah dibanding pegadaian maupun bank. Syarat-syarat yang harus dipenuhi juga tidak rumit atau bertele-tele. Kini banyak tempat yang mudah kita akses untuk mendapatkan pinjaman uang secara online dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

Terlepas dimanapun kita mendapatkan pinjaman uang cepat, di pegadaian, bank, atau secara online, kita wajib mempertimbangkan konsekuensi yang harus kita penuhi terutama besaran suku bunga yang harus kita bayar. Intinya sebisa mungkin kita mencari tempat yang mampu memberi pinjaman dana sesuai yang kita ajukan dengan bunga serendah mungkin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »